Prestasi


Program Prestasi merupakan program penerimaan mahasiswa baru yang seleksi penerimaannya didasarkan pada prestasi yang pernah diraih oleh calon mahasiswa ketika masih duduk di bangku SMA/SMK/MA. Calon mahasiswa yang diterima melalui program ini tanpa ada tes masuk.

UMMAGELANG menawarkan dua jalur prestasi yaitu :

  1. Jalur Prestasi Akademik (Ranking, Raport)
  2. Jalur Prestasi Non-Akademik (Tahfidzul Qur’an, Prestasi Olahraga/Seni)

Ketentuan Umum Program Prestasi

  1. Terbuka untuk semua program studi hanya kelas reguler.
  2. Terbuka bagi siswa SMA/SMK/MA segala jurusan untuk tahun kelulusan 2016 dan 2017.
  3. Calon mahasiswa baru yang dinyatakan tidak diterima pada suatu jalur prestasi, tidak diperbolehkan mendaftar lagi pada jalur prestasi yang sama pada gelombang berikutnya. Contoh : calon mahasiswa baru yang tidak diterima di program prestasi raport Gelombang I, tidak diperbolehkan mendaftar di jalur raport Gelombang II dan III, tetapi di perbolehkan mendaftar di jalur prestasi non-akademik.
  4. Pada satu gelombang pendaftaran program prestasi tidak diperkenankan mendaftar lebih dari 1 jalur secara bersamaan.

Syarat Pendaftaran Program Prestasi

  1. Termasuk 10 besar di kelas XII (semester 1) dengan melampirkan surat keterangan ranking kelas XII dari sekolah. (Khusus jalur ranking).
  2. Nilai rata-rata STTB/Raport kelas XII (semester 1) minimal 8,0. (Khusus jalur raport).
  3. Melampirkan fotokopi sertifikat perlombaan atau kejuaraan minimal tingkat kabupaten/kota dan dilengkapi dengan surat keterangan dari penyelenggara/sekolah yang antara lain menyebutkan tingkat kejuaraan tersebut (propinsi/ nasional/ internasional). (Khusus jalur non-akademik)
  4. Melampirkan bukti pembayaran pendaftaran PMB.
  5. Menyerahkan foto copy ijazah SMA/SMK/MA yang dilegalisir sebanyak 1 lembar atau bagi yang belum menerima ijazah dari sekolah dapat menyerahkan foto copy surat keterangan lulus dari sekolah.