Prosedur Daftar Ulang


PROSEDUR DAN KELENGKAPAN REGISTRASI (DAFTAR ULANG) CALON MAHASISWA BARU

  1. Calon mahasiswa baru yang sudah dinyatakan diterima bisa mengambil berkas pengumuman di Layanan PMB Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Magelang
  2. Membayar biaya registrasi mahasiswa baru (Angsuran I) di Bank Syari’ah Mandiri atau Bank Jateng sesuai ketentuan
  3. Wajib melakukan update data secara online dengan menginputkan username dan password sesuai pada lembar pengumuman diterima program studi (melalui website http://pmb.ummgl.ac.id/registrasi)
  4. Menyerahkan kelengkapan berkas registrasi ke Layanan Akademik (Gedung Rektorat Lantai I) dengan dimasukkan stopmap, yaitu:
    • Formulir registrasi yang telah diisi dan dicetak serta ditempel foto, sebanyak 3 lembar (dicetak dari http://pmb.ummgl.ac.id/registrasi)
    • Fotokopi Pengumuman Diterima sebanyak 1 lembar
    • Fotokopi Bukti Pembayaran Angsuran ke I sebanyak 1 lembar dan menunjukkan aslinya
    • Fotokopi Ijazah Terakhir dan SKHUN untuk lulusan SMA / MA / SMK sebanyak 2 lembar atau fotokopi Transkrip Nilai untuk lulusan DII / DIII / S1 sebanyak 2 lembar (dilegalisir). Bagi calon mahasiswa lulusan tahun 2019 yang belum menerima ijazah dan SKHUN, dapat mengisi formulir pernyataan bermaterai sebagai pengganti ijazah sementara, fotokopi ijazah / SKHUN dapat disusulkan kemudian hari sesuai ketentuan (formulir didownload, dicetak dan diisi)
    • Fotokopi Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar
    • Surat Pernyataan Bebas Narkoba bermaterai (formulir didownload, dicetak dan diisi)
    • Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen bermaterai (formulir didownload, dicetak dan diisi)
    • Khusus calon mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan menyerahkan:
      • Surat Pernyataan Bersedia Mentaati Peraturan bermaterai (formulir didownload, dicetak dan diisi)
      • Surat Pernyataan Bersedia Tidak Hamil Selama Pendidikan bermaterai, khusus perempuan (formulir didownload, dicetak dan diisi)
    • Khusus calon mahasiswa baru pindah studi dari Perguruan Tinggi lain menyerahkan Surat Keterangan Pindah Studi sebanyak 2 lembar (asli dan fotokopi)
    • Khusus calon mahasiswa baru pindah studi dari Perguruan Tinggi / transfer menyerahkan :
      • Fotokopi hasil konversi mata kuliah dari program studi tujuan sebanyak 2 lembar
      • Bukti status akademik (screenshot dan printout dari https://forlap.ristekdikti.go.id/)
    • Khusus calon mahasiswa baru yang sudah bekerja menyerahkan Surat Ijin Belajar dari instansi yang bersangkutan sebanyak 2 lembar (asli dan fotokopi)
  5. Calon mahasiswa baru yang sudah menyerahkan berkas registrasi akan menerima bukti registrasi dan sekaligus melakukan pemotretan untuk Kartu Tanda Mahasiswa (mengenakan kemeja warna putih)
  6. Calon mahasiswa baru yang telah registrasi dan mendapat Nomor Induk Mahasiswa (NIM) wajib mengikuti kegiatan selanjutnya, yaitu kegiatan Technical Meeting dan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) sesuai jadwal yang telah ditentukan
  7. Calon mahasiswa baru yang dinyatakan diterima dan tidak melakukan registrasi sampai batas waktu yang ditentukan untuk segera melaporkan ke Layanan PMB