Syarat dan Prosedur Pendaftaran | PMB UMMagelang TA. 2019/2020


SYARAT PENDAFTARAN

SYARAT BERKAS PENDAFTARAN PROGRAM SARJANA, PROFESI, DAN VOKASI

  1. Membayar biaya pendaftaran Rp 200.000,- (khusus Fakultas Ilmu Kesehatan dikenakan biaya tambahan Rp 100.000,- untuk tes kesehatan)
  2. Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
  3. Fotokopi raport SMA / SMK / MA / sederajat kelas 3 (semester V) yang dilegalisir bagi yang belum menempuh Ujian Nasional (UN) atau;
  4. Fotokopi Surat Keterangan Lulus (SKL) / fotokopi ijazah dan SKHUN SMA / SMK / MA / sederajat yang sudah dilegalisir bagi yang sudah menempuh Ujian Nasional (UN) sebanyak 1 lembar.
  5. Fotokopi KTP (jika ada) dan Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar.
  6. Khusus pendaftar mahasiswa baru pindah studi, melampirkan surat pindah dari Perguruan Tinggi sebelumnya (asli) & fotokopi transkrip nilai terakhir yang dilegalisir sebanyak 1 lembar (syarat akreditasi program studi sebelumnya minimal sama).
  7. Khusus pendaftar mahasiswa baru transfer, melampirkan fotokopi ijazah minimal DII & transkrip nilai yang dilegalisir masing-masing sebanyak 1 lembar (syarat akreditasi program studi sebelumnya minimal sama).

KETENTUAN MAHASISWA BARU PINDAH STUDI / TRANSFER DARI PERGURUAN TINGGI

  1. Berasal dari program studi yang terakreditasi minimal berperingkat sama atau lebih tinggi dengan program studi tujuan (http://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi)
  2. Data mahasiswa dari Perguruan Tinggi sebelumnya harus sudah terdaftar pada sistem PDDIKTI (http://forlap.ristekdikti.go.id/)
  3. Syarat Mahasiswa Baru Pindah Studi, minimal sudah menempuh perkuliahan 2 semester di Perguruan Tinggi sebelumnya
  4. Syarat Mahasiswa Baru Transfer, sudah dinyatakan lulus minimal Diploma II

KETENTUAN UMUM PENDAFTARAN

  1. Melakukan pengisian formulir pendaftaran
  2. Wajib memilih 2 (dua) program studi berbeda (kecuali program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan tidak bisa menjadi pilihan kedua)
  3. Calon mahasiswa asing wajib memiliki surat izin dari Kemenristekdikti Republik Indonesia, serta memiliki sertifikat kursus / pelatihan bahasa Indonesia
  4. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat diambil kembali
  5. Khusus mahasiswa baru transfer / pindah studi pendaftaran dilakukan secara datang langsung ke Layanan PMB Kampus 2 UMMagelang
  6. Bagi pendaftar mahasiswa baru yang telah dinyatakan lulus tes dan diterima pada program studi pilihannya, tidak bisa melakukan pindah program studi. Tetapi diberi kesempatan untuk mendaftar kembali (syarat dan ketentuan berlaku)

PROSEDUR PEMBAYARAN PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

  1. Membayar langsung di Layanan PMB UMMagelang (berlaku untuk pendaftaran secara langsung)
  2. Membayar melalui Bank (berlaku untuk pendaftaran secara online)
  • Jika melalui konter teller Bank Syariah Mandiri seluruh Indonesia dengan menunjukkan NOMOR PEMBAYARAN
  • Jika menggunakan ATM Bank Syariah Mandiri:

>>Masuk menu transfer/pemindah bukuan pada ATM –> Masukkan kode 9009100 diikuti NOMOR PEMBAYARAN–> Masukkan nominal rupiah yang dibayarkan sesuai biaya pendaftaran –> Jika sudah betul akan keluar nama pendaftar, tekan OK jika sesuai.

  • Jika menggunakan ATM selain Bank Syariah Mandiri:

>>Masuk menu transfer/pemindah bukuan pada ATM –> Masukkan kode 4519009100 diikuti NOMOR  PEMBAYARAN –> Masukkan nominal rupiah yang dibayarkan sesuai biaya pendaftaran –> Jika sudah betul akan keluar nama pendaftar, tekan OK jika sesuai.

  • Jika menggunakan Internet Banking Bank Syariah Mandiri:

>>Melalui menu pembayaran –> Institusi –> Akademik Universitas Muhammadiyah Magelang PMB –> Masukkan NOMOR PEMBAYARAN

Info Tambahan:

  • Resi transfer sudah menjadi bukti yang sah
  • Pembayaran menggunakan ATM selain ATM Bank Syariah Mandiri dikenakan biaya transfer sesuai ketentuan pihak Bank

Alur Pendaftaran

alur